Uncategorized

Mengenal Internet Broadband dan Internet Dedicated

Koneksi Internet yang saat ini banyak digunakan ada dua yaitu Internet Broadband dan Internet Dedicated. Lalu, apa perbedaan Internet broadband dan Internet Dedicated? Simak penjelasannya sehingga bisa diketahui kelebihan dan kekurangan dari keduanya.

Internet Broadband dan Internet Dedicated adalah dua hal yang berbeda. Internet Broadband adalah koneksi Internet rumahan yang biasa kita gunakan pada berbagai perangkat seperti smartphone, di mana performansi dan kecepatannya dibagi/sharing ke antar pengguna. Sementara itu Internet Dedicated adalah koneksi Internet yang biasanya digunakan untuk kepentingan bisnis misalnya untuk kantor atau co-working space. Koneksi yang disediakan Internet Dedicated, didedikasikan secara privat sehingga performansi Internet bisa digunakan oleh Anda secara penuh.

Sebagian besar bisnis saat ini sangat bergantung pada koneksi Internet misalnya adalah untuk mengakses mesin pencarian, mengakses aplikasi Cloud, mengakses sosial media, melakukan konferensi secara virtual, berbagi file, email dan lainnya. Berdasarkan kebutuhan tersebut, sangat penting dalam memilih layanan Internet yang andal demi keberlangsungan bisnis. Memahami setiap jenis layanan Internet, akan membantu Anda menentukan jenis Internet mana yang tepat diterapkan dalam bisnis. Oleh karena itu, Anda juga perlu memahami perbedaan Internet Broadband dan Internet Dedicated.

Apa perbedaan Internet Broadband dengan Internet Dedicated?

Selain performansi, pada akhirnya perbedaan jenis Internet ini juga akan membantu Anda mengalokasikan biaya operasional perusahaan secara efektif, khususnya untuk bisnis skala kecil. Ada sejumlah perbedaan antara Internet Broadband dan Internet Dedicated. Berikut selengkapnya perbedaan Internet Broadband dan Internet Dedicated.

  • Kecepatan download dan upload

    Salah satu keunggulan Internet Dedicated adalah bandwidth yang terjamin. Kecepatan download dan upload akan selalu konsisten. Dukungan ini membuat aplikasi berjalan dengan lancar dan menghilangkan kemungkinan pelambatan yang dapat memengaruhi operasi bisnis. Mengunggah file yang besar biasanya menjadi masalah umum yang dihadapi banyak bisnis. Kendala ini bisa diatasi dengan Internet Dedicated yang menawarkan kecepatan tinggi serta latensi rendah. Sedangkan pada Internet Broadband kecepatannya tidak tentu karena harus berbagi (sharing) bandwidth dengan pengguna lainnya.

  • Quallity of Services (QoS) 

    Latensi dan faktor lainnya turut memengaruhi kecepatan akses Internet. Penyedia layanan Internet Dedicated biasanya menawarkan jaminan dalam bentuk Service Level Agreement (SLA). Jika suatu saat koneksi Internet Dedicated yang Anda gunakan tidak memenuhi standar tersebut, Anda berhak mengajukan perbaikan. SLA juga memastikan adanya kompensasi jika layanan yang ditetapkan penyedia Internet Dedicated tidak sesuai dengan kenyataan yang Anda dapatkan. Jaminan ini tak tersedia untuk layanan Internet Broadband.

  • Penyelesaian masalah lebih cepat meski koneksinya dijamin yang terbaik

    Dalam bahasan perbedaan Internet Broadband dan Internet Dedicated, ada istilah response time yang ditetapkan untuk mengatasi masalah atau biasa disebut mean time to repair (MTTR). Kerangka waktu ini diuraikan dalam SLA untuk memungkinkan penyelesaian masalah dengan cepat. MTTR rata-rata untuk masalah koneksi Internet Dedicated biasanya 4 jam atau kurang. Lain halnya dengan waktu respons Internet Broadband yang bisa berlangsung berjam-jam hingga berhari-hari, tanpa jaminan jangka waktu. Keterlambatan ini tentu saja bisa berpengaruh pada operasional bisnis Anda.

  • Layanan pelanggan khusus 

    Selain cepat, Internet Dedicated juga sangat andal. Dengan dukungan 24 jam dan pemantauan layanan, masalah teknis bisa diselesaikan bahkan sebelum dimulai. Namun jika terjadi kendala, Anda akan memiliki akses ke dukungan teknis untuk menyelesaikan masalah sesegera mungkin. Dukungan ini tak akan Anda temui pada layanan Internet Broadband.

  • Biaya layanan

    Biaya layanan Internet Broadband memang lebih terjangkau. Ini menjadi salah satu perbedaan Internet Broadband dan Internet Dedicated yang sangat terasa. Namun tentu saja, harga menentukan kualitas. Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda hanya mendapatkan performa dan dukungan yang secukupnya. Internet Dedicated tetap menjadi pilihan yang baik untuk rumah atau kantor kecil, terlebih perusahaan berskala besar yang sangat bergantung pada konektivitas Internet..

Dari perbedaan di atas terlihat jelas bahwa Internet Dedicated unggul segalanya dibandingkan dari Internet Broadband. Jadi untuk perusahaan bisa memilih mana yang dibutuhkan untuk kepentingan perusahaan dan juga menyesuaikan anggaran yang tersedia.

sumber : https://blog.lintasarta.net/article/perbedaan-internet-broadband-dan-internet-dedicated

Author

admin

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *